-->

CARA MENAIKAN TRAFFIC BLOG DENGAN SEO ATAU IKLAN FACEBOOK DAN ADWORD

CARA MENAIKAN TRAFFIC BLOG DENGAN SEO ATAU IKLAN FACEBOOK DAN ADWORD

Memilih SEO atau beriklan online sangat tergantung dari kebutuhan kita. Pada dasarnya SEO dan beriklan di Facebook itu mempunyai tujuan yang berbeda dalam promosi. Saya akan memperlihatkan kepada sobat apa saja perbedaan mendasar dari melakukan SEO dan beriklan online seperti adword dan Facebook.


Saya akan mulai menjelaskan dari beriklan online terlebih dahulu, nanti terakhir baru saya akan membandingkannya dengan SEO atau search engine optimasi.


Iklan Facebook
Memasang iklan Facebook itu seperti menyebarkan pamflet promosi sobat ke banyak orang. Anda tidak peduli apakah mereka butuh atau tidak butuh produk sobat. Mungkin sobat pernah melihat pamflet promosi motor disisip dipagar rumah sobat..? Ya seperti itulah iklan Facebook

Tujuan dari penggunaan iklan Facebook itu seperti melempar ke banyak orang dan berharap ada yang membutuhkan produk sobat,atau membuat orang yang sebelumnya tidak terpikir membutuhkan produk sobat menjadi tertarik.

Tapi satu hal yang perlu sobat perhatikan bahwa hanya produk-produk tertentu saja yang mempunyai peluang besar melakukan itu. Tidak mudah membuat orang yang sebelumnya tidak memerlukan produk sobat menjadi berpikiran mau membeli produk sobat setelah melihat iklan sobat. Biasanya produk yang paling berpotensi membuat orang yang sebelumnya tidak tertarik untuk membeli menjadi tertarik untuk membeli adalah produk fashion dan kosmetik.

Jadi produk Fashion dan kosmetik mempunyai potensi yang besar dalam iklan Facebook.

Produk yang sulit dipromosikan di Facebook adalah produk yang tidak lazim dipakai secara umum, atau hanya dalam kondisi-kondisi khusus saja orang membutuhkannya. Mengiklankan produk seperti ini berpotensi membuat biaya promosi sobat lebih besar dari keuntungan yang sobat buat.

Jadi sobat sebagai pebisnis yang mempromosikan produk di Facebook harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
9 Biaya promosi iklan Facebook
10 Luasnya jangkauan iklan Facebook sobat
11 Potensi Pasar dari Produk sobat
12 Besarnya keuntungan per penjualan yang sobat hasilkan
13 Persentase penjualan yang terjadi dari jangkauan iklan sobat

Tentunya untuk mengetahui persentase pada poin terakhir sobat harus mencobanya sekali untuk mengambil data.


Iklan Adwords
Ini adalah produk iklan dari Google, dan sifatnya lebih tertarget dari Facebook. Kenapa dikatakan lebih tertarget..? Karena iklan ini akan ditampilkan pada hasil pencarian yang memang relevan dengan penawaran sobat. Dengan kata lain jika seseorang sedang mendapatkan calon pembeli, maka sobat sedang mengintai di depan pintu. Barangkali saja mereka tidak mencapai kesepakatan dan sobat bisa menawarkan produk sobat.

Atau produk sobat ditampilkan pada halaman yang relevan. Misalnya ada yang mencari tips Jualan atau teknik Jualan Baju lainnya, maka iklan penjualan Baju sobat akan ditampilkan pada halaman tersebut. Adanya kesamaan minat dengan produk sobat akan memperbesar peluang munculnya daya tarik untuk membeli. Nah yang ini ibaratnya sobat lagi menawarkan penjualan Bola di kejuaraan Piala Dunia, atau menawarkan paket Baju diskon murah di Mall.

Atau sobat juga bisa membuat iklan sobat dipasang di halaman pencarian teratas dari Google. Sehingga orang yang memang niatnya mau membeli produk tersebut lebih dahulu melihat iklan sobat.


SEO (Search Engine Optimization)
Ini adalah metode yang memerlukan waktu yang lama. Hanya saja SEO mempunyai 2 keunggulan dari yang lainnya, yaitu Gratis saat sobat sudah menjadi Peringkat/rangking 1. Anda tidak perlu mengeluarkan satu rupiah-pun dan Google akan terus "mempromosikan" produk sobat. Keunggulan yang lain adalah sangat tertarget, karena yang melakukan pencarian bisa hampir dipastikan 80% adalah mereka yang membutuhkan  produk sobat. Sedangkan 20% lainnya adalah pesaing yang sedang mengecek posisi mereka.

Hanya saja yang menjadi masalah adalah proses SEO bisa menjadi sangat lama. Note: Jika sobat menjual sebuah produk, mulailah dengan menaklukkan kata kunci lokal terlebih dahulu yang biasanya memerlukan waktu 1-3 bulan. Kata kunci lokal itu misalnya: Beli tiket untuk ke Turida

Ini biasanya akan sangat cepat mendorong naiknya penjualan sobat


Perbandingan
Jadi untuk perbandingannya, sobat bisa mengingat konteks berpromosi di ke tiga media ini dengan melihat poin-poin penting yang ada di bawah ini:
9.Iklan Facebook: Sebaran Acak - Berbayar - Hasil Cepat - Lebih Besar Konversinya dari Adword, pada produk tertentu karena tampilan lebih atraktif
10.Iklan Adword: Sebaran lebih tertarget dari iklan Facebook - Berbayar - hasil cepat
11.SEO: Sangat tertarget - Gratis - Memerlukan waktu antara 1 bulan sampai 1 tahun tergantung kerasnya persaingan di bidang sobat.
12.Itu saja untuk cara menaikan traffic melalui iklan Facebook dan Adword.
selanjutnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel